Jumat, 16 Maret 2012

Xigmatek BiFrost VD1065 VGA Cooler

 

Tampilan Pada Motherboard




Paket Penjualan

 Tampilan Pada Box


Heatsink dengan Heatpipe Direct-Touch
 



Anda juga dapat melihat User Manual yang diberikan Xigmatek pada websitenya untuk melihat lebih jelas list perlengkapan yang terdapat dalam paket penjualannya.


VGA dengan BiFrost terpasang 





 Bisa dilihat bahwa terdapat jarak yang cukup lega antara BiFrost dengan komponen-komponen VGA (Choke, kapasitor, RAMsink, power connector), ini akan membuatnya lebih kompatibel dengan banyak VGA.

Result

Penampilan bagus belum tentu mencerminkan performa. Maka dari itu, langsung saja di nyalakan VGA ini dan menjalankan tool “penyiksa” VGA, FurMark 1.8.2, yang bertujuan menguji suhu worst case load selama 10 menit. Untuk menguji suhu idle, kami me-load furmark selama dua menit lalu membiarkan VGA Idle selama 10 menit. Suhu ambient kami jaga di 26 C (plus minus 0.5 C).
Untungnya, sudah pernah melakukan pengujian kepada cooler MSI HD5830 TwinFrozr II sehingga datanya dapat di gunakan untuk perbandingan kasar dengan Xigmatek BiFrost (mohon diingat, pengujian cooler TwinFrozr II dilakukan di keadaan yang berbeda dari pengujian sekarang, sehingga data ini hanya untuk referensi, bukan perbandingan mutlak).
Berikut perbandingan Suhu Xigmatek BiFrost dengan MSI TwinFrozr II (AUTO Fan).


Screenshot saat Furmark dijalankan.


Kesimpulan

Xigmatek BiFrost ini dingin! Dibandingkan dengan MSI TwinFrozr II, suhu load HSF VGA ini masih lebih dingin kurang lebih 11 C. (ingat juga, Twinfrozr II sudah memiliki performa pendinginan sekitar 12 C lebih baik dari reference HSF HD5830, setidaknya menurut klaim MSI). Dilihat dari harganya yang kurang dari 400 ribu rupiah (menurut kisaran pasar pada saat itu), tak disangka performanya luar biasa. Pada awalnya, sih hanya mengharapkan Cooler ini untuk memiliki suhu 5-7 C lebih dingin dari TwinFrozr, ternyata hasilnya lebih dari itu. Pendinginan ekstra ini dapat memberikan banyak manfaat, misalnya durabilitas lebih dan ekstra overclocking headroom.

Perlengkapan yang disertakan cukup melimpah. Biasanya, HSF VGA yang di temui sangat pelit menyertakan parts ekstra, namun tidak demikian dengan BiFrost. RAMSink yang diberikan pun tidak tanggung-tanggung: 14 pcs! (biasanya sih hanya menemukan 8 atau 10 pcs ramsink di produk serupa). Mur dan baut cadangan pun tersedia, setidaknya ada satu atau dua mur/baut cadangan untuk jaga-jaga seandainya parts tersebut hilang. Sayang, manualnya agak kurang informatif dan kurang “user-friendly”.

Satu kekurangan lagi bagi Xigmatek BiFrost adalah tidak disediakannya 3-pin to molex Connector untuk menyalakan kipasnya. Ini berarti Xigmatek mengasumsikan bahwa pengguna akan memasang 3-pin fan connector ke motherboard. Sayangnya, tidak semua motherboard memiliki penempatan 3-pin Fan connector yang nyaman untuk diraih, meskipun kabel fan yang disediakan Bifrost cukup panjang.

Meskipun memiliki sedikit kekurangan, performa dari Xigmatek BiFrost ini mengagumkan. Semua dikemas dengan paket penjualan yang menarik dan harganya yang murah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar